Jumat, 01 April 2011

Keluarga Bahagia


Banyak pasangan tidak menyadari bahwa ketika kemeriahan pesta pernikahannya selesai, maka pada saat itulah mereka baru saja memulai babak baru perjalanan hidup yang berliku, karena membangun sebuah keluarga tentu bukanlah hal yang mudah. Bagi setiap orang membina keluarga kecil tidak hanya semata menyangkut persoalan materi, melainkan juga naluri. Untuk itu, setiap pasangan perlu menentukan rencana keluarga untuk mencapai hidup yang bahagia kelak.
Rencana keluarga yang perlu disusun setiap pasangan yakni meliputi, konsep atau pola pengembangan keluarga bahagia dan persiapan masa depan keluarga. Pola pengembangan keluarga bahagia membutuhkan perencanaan yang matang dari segi rohani atau mental setiap pasangan sebagai bagian dari keluarga. Sedangkan persiapan masa depan keluarga dilakukan dengan merencanakan pemenuhan materi yang matang.
Pola pengembangan keluarga dapat dilakukan dengan menentukan konsep yang tepat untuk mewujudkan keluarga bahagia. Hal tersebut dapat dimulai dengan menjalankan peraturan tak tertulis oleh seluruh anggota keluarga, seperti memupuk keterbukaan, rasa saling percaya, dan sikap saling menghargai. Dengan ketiga hal itu, sebuah keluarga akan menerapkan pola asuh yang egaliter dan tentunya akan menghasilkan pribadi yang berbudi dan berkualitas.
Hal terpenting yang perlu dilakukan dalam pengembangan keluarga bahagia adalah menerapkan kebebasan yang bertanggungjawab. Kebebasan diperlukan dalam keluarga untuk membentuk setiap anggota keluarga menjadi seseorang yang benar-benar mereka inginkan tanpa tekanan apapun. Dengan demikian, keluarga akan dianggap sebagai ruang teduhnya yang paling netral. Kebebasan tentu harus pula dibekali dengan pendidikan tentang moral dan norma-norma yang berlaku.
Sementara, persiapan masa depan keluarga dapat dimulai dengan merencanakan konsep atau langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai masa depan. Dalam konsep ini, materi menjadi modal yang penting untuk mewujudkan langkah-langkahnya. Persiapan masa depan keluarga dapat dimulai dengan menentukan konsep pendidikan anak sejak di usia dini. Jaminan asuransi kesehatan yang mumpuni juga harus menjadi prioritas utama setiap keluarga. Mumpuni dalam hal ini sesuai dengan kemampuan finansial keluarga. Pada dasarnya, penanaman rencana yang matang dalam membangun sebuah keluarga tentu akan menuai kebahagiaan yang panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar